Tuesday, January 03, 2006

$usus_awet = $formalin + ($ikan segar || $tahu || $mie || $dll);

Beberapa minggu ini di Indonesia sedang marak dan sedang rame dibicarakan mengenai penggunaan formalin pada pembuatan bahan makanan. Sempat kaget juga sih ada penggunaan formalin pada bahan makan. Yang membuat saya lebih kaget lagi adalah penggunaan formalin pada tahu dan ikan segar.

Saya tidak menyangka kalau ada tahu yang mengguakan formalin. Masa tahu di kasih formalin sih ?, tetapi pas saya melihat televisi ternyata ada demo mengenai bagaimana membedakan tahu yang ada formalinnya dengan tahu yang tidak ada formalinnya, ternyata tahu yang tidak ada formalinnya jika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter akan remuk. Sedangkan yang ada formalinnya tetap pada bentuk semula. Sedangkan pada Ikan segar saya juga baru mengetahuinya dari berita di kompas di sana diceritakan bahwa ada nelayan yang menggunakan formalin sebagai pengawet karena dapat mengurangi beaya untuk melaut. Mengerikan bukan ? hehehe.

Nah, seharusnya sekarang pemerintah melakukan tindakan untuk menghilangkan penggunaan formalin pada bahan makanan. seharusnya sih sudah dari dulu melakukan tindakan ini, soalnya 15 tahun yang lalu saya pernah mendengan kalau mie bakso [yang warnanya kuning & kenyal], katanya pembuatannya menggunakan formalin. Saya kira sih sudah ditindak lanjuti, ternyata belum. Setelah 15 tahun pemerintah baru melakukan inspeksi, dan melakukan tindakan.
kalau boleh dikatahan sebagai sistem pemerintah itu memang jauh dari real time. masa, respon = (t+15tahun). Duh Indonesia kok kayak gini ya .... Justify Full

6 Comments:

At 2:09 AM, Blogger yoyoimut said...

"ternyata tahu yang ada formalinnya jika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter akan remuk. Sedangkan yang ada formalinnya tetap pada bentuk semula."
Apa bedanya tahu yang ada formalinnya dengan yang nggak ada? Kok ciri-ciri tahu yang ada formalinnya bertolak belakang?

 
At 11:04 PM, Blogger noname said...

sik salah ketik itu tak edit dulu ya :p

 
At 7:01 AM, Blogger yoyoimut said...

Kok hobby salah ketik ya? Di web-nya SMA 1 juga kan?

 
At 10:25 PM, Blogger noname said...

maklum mas baru belajar ngetik nih :p

 
At 8:41 AM, Blogger yoyoimut said...

hehehe

 
At 8:43 AM, Blogger yoyoimut said...

Teorinya perlu direvisi nih. Yang longsor dan banjir baru-baru ini pemerintah juga lambat tapi bukan 15 tahun, jadi rumusnya lain.

 

Post a Comment

<< Home